Cara Membuat File ISO Dengan Daemon Tool, PowerISO, & UltraISO

Cara Membuat File ISO Dengan Daemon Tool, PowerISO, & UltraISOFile ISO sepertinya bukan lagi berkas asing yang baru dikenal bagi para pengguna laptop baik itu notebook atau ultrabook juga bagi para gamers. Dalam hal pemberkasan, file ISO memang menjadi andalan bagi pengguna komputer bila hendak mengkonversi file dalam bentuk CD/DVD menjadi bentuk softcopy sehingga konten yang ada pada CD/DVD dapat secara langsung disimpan dan dipergunakan dikemudian hari tanpa harus memasukkan lagi CD/DVD ke dalam CD/DVD ROM komputer. Selain jadi lebih praktis, dengan merubahnya menjadi file ISO, pemilik berkas tersebut tidak perlu kuatir lagi akan kerusakan pada CD/DVD akibat jangka waktu lama karena kontennya telah tersimpan dalam ruang data komputer sehingga lebih praktis dan aman.

File ISO dapat dibuat dengan langkah yang cukup sederhana. Anda yang ingin mengkonversi berkasa ke dalam bentuk file ISO bisa memanfaatkan beberapa software yang memang spesialis dibidang konversi file ISO seperti Ultra ISO, PowerISO dan Daemon Tool.

Bagi anda yang baru pertama kali mengenal file ISO mungkin bertanya-tanya sebenarnya apa sih file ISO itu. File ISO atau juga disebut ISO Image adalah suatu berkas arsip dengan konten data dari setiap written sector pada optical disc. Sederhananya, ISO ini adalah berupa CD/DVD dalam bentuk file. Pembuatan file ISO dilakukan dengan cara memindahkan data yang ada pada CD/DVD ke dalam komputer dengan bentuk berkas tersebut sehingga lebih simple bila akan digunakan lain waktu tanpa harus keluar-masuk lagi CD/DVD dari CD/DVD ROM pada komputer.

Ada banyak fungsi file ISO yang bisa diambil manfaatnya. Apalagi bagi pemilik laptop yang memang tidak dilengkapi dengan perangkat optical drive. Tentunya konten data dari CD/DVD tidak bisa diakses melalui komputer yang tidak memiliki perangkat tersebut. Oleh karenanya diperlukan pengkonversian konten berkas pada CD/DVD menjadi file ISO sehingga nantinya dapat diakses oleh perangkat laptop jenis tersebut.

Sebagai contoh instalasi komputer yang memerlukan berkas software dari CD/DVD Driver, kalau dulu proses instalasi pada komputer harus melibatkan CD/DVD sehingga perangkat komputer seperti laptop yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROM harus dibantu oleh CD/DVD ROM eksternal agar bisa melakukan instalasi software. Sekarang proses instalasi menjadi lebih simple karena pendistribusian driver komputer telah dikemas dalam bentuk file ISO yang dapat di download melalui situs resmi brand komputer tertentu. Begitupun Microsoft selaku perusahaan yang bergerak di bidang piranti lunak, produk Windows-nya telah dapat diinstal melalui file ISO sehingga lebih praktis dan mudah dalam melakukan instalasi perangkat windows pada komputer.

Selain itu, file ISO juga bisa dimanfaatkan dalam hal melakukan back up berkas yang ada pada optical disc untuk sekedar berjaga-jaga bila CD/DVD-nya rusak atau hilang. Ruang data pada CD/DVD yang terbatas juga membuat konsumsi optical disc semakin menumpuk sehingga tidak praktis lagi. Namun dengan mengkonversinya ke dalam bentuk file ISO, seberapa pun besar kapasitas data dari konten yang ada pada optical disc akan bisa ditampung hanya dalam satu harddisk saja.

Lantas bagaimana agar kita bisa mengkonversi konten yang ada pada optical disc ke dalam bentuk file ISO? Nah, dalam artikel ini admin akan berbagi tutorial atau cara membuat file iso dengan daemon tool, poweriso, dan ultraiso. Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat File ISO Dengan Daemon Tool :

  • Masukkan CD/DVD yang ingin anda konversi berkas kontennya menjadi file ISO ke dalam optical drive (CD/DVD ROM).
  • Kemudian, buka Daemon Tools Lite yang sudah terpasang di komputer.
  • Akan muncul jendela dan klik pilihan “Create Disk Image” yang tertera di jendela utama.
  • Setelah itu akan muncul kembali jendela baru, klik tombol dengan tiga buah titik di bawha tulisan “Target Image File”.
  • Berikutnya, pilih optical drive tempat anda menyimpan CD/DVD-nya.
  • Simpan berkas konten dari CD/DVD dengan Save as .iso. – “Standard ISO Image (*.Iso) lalu namai file ISO yang akan disimpan tersebut dan tekan “Save”.
  • Setelah itu, silahkan anda tekan tombol “Start” dan secara otomatis Daemon Tools akan memproses konversi berkas konten pada CD/DVD mejadi file ISO.

 

Cara Membuat File ISO Dengan Power ISO

 

  • Setelah itu, pilih tombol ‘Copy” pada toolbar. Lalu pilih “Make CD/DVD/BD Image File…” dari popup menu.
  • Bila jendela ISO Maker terlah muncul, silahkan anda pilih CD/DVD yang hendak dikonversi ke file ISO.
  • Namai file ISO yang akan dibuat dan jangan lupa pilih format ISO untuk output-nya.
  • Tekan OK dan secara otomatis pengkonversian konten CD/DVD ke file ISO akan berlangsung. Tunggu sampai selesai.

Cara Membuat File ISO Dengan UltraISO :

  • Masukkan CD/DVD yang hendak anda konversi menjadi file ISO.
  • Mulai jalankan UltraISO yang sudah terpasang di komputer anda.
  • Setelah muncul jendela, langsung menuju menu ‘Tools” dan pilih opsi “make an ISO image file”.
  • Kemudian akan muncul lagi jendela baru dan pilih CD/DVD yang akan dikonversi ke bentuk file ISO. Tentukan juga tempat penyimpanannya. Kemudian tekan ‘Make” untuk memulai proses konversi berkas.
  • Proses konversi ini akan memakan waktu beberapa saat. Tunggu saja sampai selesai.

Demikian yang yang dapat kami berikan untuk anda mengenai Cara Membuat File ISO Dengan Daemon Tool, PowerISO, & UltraISO, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika terdapat kesalahan yang kami berikan. Jangan lupa terus kunjungi website ini, sekian dan terima kasih.

Cara Membuat File ISO Dengan Daemon Tool, PowerISO, & UltraISO | Aderra | 4.5