Cara Upgrade Os Android Ke Jelly Bean, Kitkat/ Lolipop Mudah

Cara Upgrade Os Android Ke Jelly Bean, Kitkat/ Lolipop Mudah – Smartphone sebagai alat komunikasi paling simple dan canggih dikomandoi oleh terapan sistem operasi yang bervariatif dari mulai android yang dikembangkan oleh Google, iOS yang dikembangkan oleh Apple, windows phone yang dikembangkan oleh Microsoft dan OS lainnya. Salah satu dari terapan sistem operasi yang disematkan pada smartphone dan telah terintegrasi dengan intruksi pengoperasian baik adalah smartphone android. Mengawali debutnya dalam pengoperasian smartphone, android mulai pertama kali diusung sebagai sistem operasi pada ponsel cerdas dengan terapan generasi pertama yang dinamai dengan Android v1.0 Astro (Alpha).

Kemudian semakin bertumbuh dengan melakukan pembaruan sistem dan kembali hadir dengan versi upgrade-nya menjadi Android v1.1 Bender (Beta). Setelah mengalami peningkatan versi dari Alpha ke Beta, sistem operasi android berhenti sampai di sana. Pengembang perangkat lunak untuk smartphone ini terus memberikan layanan terbaik dengan melakukan pembaruan pada sistem hingga akhirnya versi generasi lanjutannya mulai dinamai dengan nama kudapan.

Generari android pertama yang diusung dengan nama kudapan adalah Android v1.5 Cupcake, lalu diperbarui menjadi Android v1.6 Donut, Android v2.0 – 2.1 Eclair, Android v2.2 Frozen Yoghurt (Froyo), Android v2.3 Gingerbread, Android v3.0 – 3.2 Honeycomb, Android v4.0 Ice Cream Sandwich, Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean, Android v4.4 Kitkat, Android v5.0 – 5.1 Lollipop, Android v6.0 Marshmallow, dan sampai ke versi yang tertinggi saat ini yaitu Android v7.0 – 7.1 Nougat.

Sebelum memulai bahasan topik cara upgrade os android ke jelly bean, kitkat/ lolipop, terlebih dahulu admin akan mengulas OS android dari mulai versi generasi pertama hingga yang tercanggih saat ini.

Cara Upgrade Os Android Ke Jelly Bean, Kitkat/ Lolipop Mudah :

Urutan Tingkat Versi Nama Android

  • Android v1.0 Astro (Alpha)

Android alpha menjadi generasi pertama android dengan sematan nama yang diberikan yaitu android astro. Tetapi karena nama versi awal os android yang belum masuk dunia komersi ini berkaitan dengan hak cipta, akhirnya nama versi tersebut tidak jadi digunakan.

  • Android v1.1 Bender (Beta)

5 November 2007 menjadi tanggal spesial perilisan android versi beta dengan nama android bender. OS android ini merupakan seri lanjutan dari generasi pertamanya yaitu android astro. Mengalami permasalahan hak cipta yang sama dengan generasi pendahulunya, android bender pun akhirnya tidak jadi digunakan. Pada generasi android kedua ini mulai muncul perangkat telepon seluler yang diintegrasikan dengan OS android berupa HTC Dream dan sekaligus menjadi permulaan terjunnya OS android ke dunia komersil.

  • Android v1.5 Cupcake

Pada generasi ketiga, OS android mulai melakukan pembaruan sistem dengan merilis lanjutan serinya dengan nama unik yang lebih mudah diingat. Nama ini diambil dari aneka macam makanan. Dan untuk sematan nama pertama dari OS android ini adalah android Cupcake secara resmi dirilis 30 April 2009.

  • Android v1.6 Donut

Tidak puas sampai di situ, android kembali mengusung generasi lanjutannya dengan sematan nama yang berbeda namun tetap diambil dari nama makanan. Adalah android Donut yang menjadi penerus dari android Cupcake. Dirilis pada tanggal 15 Septermber 2009, android versi ini telah diperbarui dengan terapan fitur baru yang mendukung pengoperasian sistem melalui perangkat ponsel berlayar berukuran layar besar.

  • Android v2.0 – 2.1 Eclair

Tak berselang lama dari Cupcake dan Donut, android kemudian kembali memperbarui sistem operasinya dengan merilis android Eclair yang secara resmi diumumkan pada tanggal 16 Oktober 2009. Bawaan fitur terbaru yang ada pada android versi ini adalah fitur live wallpaper, multi-touch, digital camera zoom, flash camera, dan bluetooth. Adapun perangkat smartphone yang pertamakali diintegrasikan dengan android versi ini adalah HTC Nexus One dari besutan Google.

  • Android v2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)

Berselang cukup jauh dari generasi sebelumnya, android versi lanjutan bernama Frozen Yoghurt atau disingkat Froyo yang dirilis 20 Mei 2010 ini mulai menarik perhatian pasar gadget namun belum bisa menandingi popularitas OS windows mobile dan Symbian yang telah lebih dulu hadir.

  • Android v2.3 Gingerbread

Masih di tahun 2010, android kembali menghadirkan versi pembaruan yang dinamai dengan android Gingerbread. Versi lanjutan yang telah di riils 6 Desember yang hanya berselang tujuh bulan dari pendahulunya ini telah mulai diintegrasikan dengan smartphone keluaran Samsung dari seri Nexus. Hanya saja popularitasnya masih belum dapat menyaingi OS Blackberry yang sedang boomingnya pada waktu itu.

  • Android v3.0 – 3.2 Honeycomb

Pada 10 Mei 2011, android mulai merambahkan terapan sistem operasinya pada perangkat tablet dengan usungan android Honeycomb. Langkah ini ternyata mulai menemui titik terang dengan mencuatnya popularitas OS android berkat promosi Samsung dan ketenaran rilisan Apple iPad di waktu yang sama.

  • Android v4.0 Ice Cream Sandwich

Tidak puas sampai di situ, android kembali menyempurnakan versi Honeycomb dengan pembaruan sistem yang diberi nama Ice Cream Sandwich. Pada pertengahan bulan di akhir tahun 2011, tepatnya 16 Desember, android Ice Cream Sandwich mulai resmi dirilis dengan suuguhan fitur baru berupa user interface yang terlihat lebih elegan dan bersih dengan optimalisasi multitasking yang diprioritaskan.

  • Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean

Lambat laun OS android mulai diterapkan pada berbagai perangkat smartphone dan tablet dari berbagai brand seperti Asus, LG dan Samsung. Versi upgrade yang telah terintegrasi dengan beberapa seri smartphone Nexus yang diproduksi oleh beberapa vendor smartphone ternama tadi adalah android Jelly Bean. OS ini hadir dengan suguhan fitur yang menyasar lini kamera serta jaringan internet.

  • Android v4.4 Kitkat

Di tahun 2013, tepatnya akhir bulan oktober pada waktu itu, android merilis kembali versi terbarunya yang diberi nama Kitkat yang merupakan nama sebuah cemilan. Pembaruan sistem operasi untuk versi ini menyuguhkan konsumsi ruang data RAM untuk perangkat smartphone yang lebih ramah dan dapat dioperasikan lebih mulus meskipun berada pada kapasitas RAM di bawah 700 MB. Bersamaa dengan perilisan android Kitkat, pihak Google juga meluncurkan produk smartphonen-nya bertajuk Nexus 5 dari pabrikan LG.

  • Android v5.0 – 5.1 Lollipop

Semakin ke sini popularitas smartphone dengan sematan OS android mulai melambung dan mengalahkan ketenaran symbian, windows mobile serta blackbarry. Seperti tidak pernah puas dengan pembaruan versinya, OS android pun kembali merilis update-an sistemnya pada tanggal 15 Oktober 2014 dengan sebutan Lollipop. Jelas lebih unggul dari versi sebelumya dengan kehadiran user interface yang lebih flat dari material design concept-nya. Kemudian versi ini juga telah mendukung arsitektur 64-bit yang mungkin sekali dapat dikombinasikan dengan kapasitas RAM 3 GB dari komponen perangkat smartphone yang diintegrasikan.

  • Android v6.0 Marshmallow

Meskipun sudah memuncaki popularitas dengan dominasi kuantitas pengguna yang cukup banyak, android tidak lantas berlarut dalam kepuasan pencapaiannya. Pada bulan September 2015, OS besutan Google ini kembali melalukan upgrade dengan memperkenalkan OS android terbaru bernama Marshmallow. OS yang telah mendukung pengoperasian pada komponen perangkat smartphone flagship dengan bentangan layar leganya ini menjadi versi yang paling keren di generasinya.

  • Android v7.0 Nougat

Dan OS android versi teratas dari generasinya saat ini adalah Nougat. Dirilis pada Juni 2016, sistem operasi versi terbaru dari android ini menyuguhkan banyak keunggulan fitur seperti UI dan notifikasi yang telah diperbarui, instant apps, power saving, daydream VR, seamles updates, google allo, dan google duo.

Setelah membahas tingkat versi nama android dari mulai generasi pertama hingga yang tertinggi saat ini, selanjutnya admin akan berbagi tips atau tutorial tentang bagaimana cara upgrade OS android resmi ke versi terbaru dari smartphone yang anda miliki. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita simak tutorial cara upgrade android sederhannya berikut ini.

Cara Upgrade OS Android Resmi Ke Versi Terbaru :

  • Silahkan anda buka menu setting dari smartphone kepunyaan anda.
  • Kemudian pilih menu about device yang bisa anda jumpai di bagian bawah menu.
  • Selanjutnya, pilih software update yang berada di list paling atas.
  • Bila perangkat smartphone mendeteksi ketersediaan software terbaru, secara otomatis akan mucul intruksi untuk melakukan pembaruan software pada perangkat smartphone anda. Silahkan konfirmasi perintah pembaruan software-nya dan secara otomatis perangkat smartphone akan meng-update OS android menjadi versi terbaru.
  • Selesai.

Perlu diperhatikan, pembaruan software pada OS android tidak perlu dilakukan jika memang status versi OS pada perangkat smartphone yang anda miliki telah tersematkan versi terbarunya. Demikian yang dapat kami sampaikan untuk anda mengenai Cara Upgrade Os Android Ke Jelly Bean, Kitkat/ Lolipop Mudah, semoga cara upgrade os android ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Cara Upgrade Os Android Ke Jelly Bean, Kitkat/ Lolipop Mudah | Aderra | 4.5